Blog Post


Cari Makan Terdekat di Bawah 30 Ribu ?
Download Foodierate App

Konsistennya Jadwal Kereta Cepat MRT Jakarta: Naik MRT Dijamin Tidak Takut Telat Ke Kantor atau Ketinggalan Kereta

MRT dijadwalkan mulai beroperasi pada bulan Maret 2019. Jadwal kereta cepat MRT, setiap harinya, mulai beroperasi pada jam 5 pagi WIB dan berakhir pada jam 12 tengah malam WIB.

Kereta MRT: Cepat

Jalur rute kereta MRT di Fase 1 yang mulai beroperasi pada bulan Maret 2019 adalah kereta MRT yang berangkat dari stasiun Lebak Bulus menuju stasiun Bundaran Hotel Indonesia (Bundaran HI), dengan total 13 stasiun, yang terdiri dari 7 stasiun layang (elevated), yaitu: Stasiun Lebak Bulus, Stasiun Fatmawati, Stasiun Cipete Raya, Stasiun Haji Nawi, Stasiun Blok A, Stasiun Blok M, dan Stasiun Sisingamangaraja; dan 6 Stasiun Bawah Tanah (Underground), yaitu: Stasiun Senayan, Stasiun Istora, Stasiun Bendungan Hilir, Stasiun Setiabudi, Stasiun Dukuh Atas, dan Stasiun Bundaran Hotel Indonesia.

Menurut desainnya, tingkat kecepatan kereta MRT sangat cepat, yaitu kalau kereta berjalan di atas rel jalan layang (elevated), kecepatan maksimal MRT adalah 100 km per jam, sementara kalau kereta berjalan di jalur rel bawah tanah (underground), maka kecepatan maksimalnya berkurang menjadi hanya 80 km/jam.

Lama Waktu Tempuh (Perjalanan) MRT Jakarta dari Stasiun Lebak Bulus Menuju Stasiun Bundaran HI

Ketika dioperasikan untuk publik, karena jarak antara masing-masing lokasi stasiun yang cenderung berdekatan (rata-rata 1 km), maka kereta MRT akan dioperasikan di kecepatan 50 s/d 60 km/jam, sehingga untuk menempuh total 13 stasiun di fase 1 MRT, yaitu jika bepergian dari stasiun Lebak Bulus menuju stasiun Bundaran HI, hanya akan memakan waktu ½ jam.

Bandingkan, jika bepergian dengan Busway (Bus Transjakarta) dari Halte Lebak Bulus menuju Halte Tosari (Bundaran HI) akan memakan waktu sekitar 1 s/d 1.5 jam.

Jauh lebih cepat jika bepergian dengan MRT, bukan?


Baca Juga: 

 

Jadwal Kereta MRT Yang Konsisten

MRT Jakarta Bisa Tepat Waktu Sesuai Jadwal, karena MT memiliki jalur lintas sendiri, jalurnya ekslusif hanya dipakai sendiri dan tidak ada persinggungan dengan jenis moda transportasi lain.

Banyaknya Kereta MRT Yang Beroperasi Setiap Harinya: Setiap Jam Ada 6 s/d 12 Kereta MRT

“Selang 5 menit ada MRT pada jam sibuk. Selang 10 menit ada MRT di luar jam sibuk.”

Jam sibuk ada 2 shift, yaitu jam sibuk pagi dan jam sibuk sore.

Jam sibuk pagi mulai berlaku dari jam 6 pagi s/d jam 9 pagi WIB, sedangkan jam sibuk sore mulai berlaku pada jam 4 sore s/d jam 7 malam WIB. Nah, pada jam sibuk ini, maka ada kereta MRT setiap 5 menit sekali, sehingga ada jadwal 12 kereta MRT per jam sibuk.

Di luar jam sibuk, jadwal kereta MRT ada per 10 menit sekali, sehingga ada 6 kereta per jam non sibuk.

Cepat, konsisten, dan banyaknya kereta MRT yang beroperasi setiap harinya, fitur-fitur inilah yang menjamin para commuter tidak takut telat ke kantor ataupun ketinggalan jadwal kereta.

Hhhmmm, mengasyikkan bukan... ?


Baca Juga:

Jadwal Kereta Api KRL Jakarta-Cikarang Terbaru Updated 2019

Top Spot Kuliner di Daerah Lebak Bulus - Jakarta Selatan
Cari Makan Terdekat di Bawah 30 Ribu ?
Download Foodierate App